Rabu, 03 Februari 2016

Menteri Ferry Sebut Lahan TNI-AU Tak Diganggu oleh Kereta Cepat

Menteri Ferry Sebut Lahan TNI-AU Tak Diganggu oleh Kereta Cepat

\Menteri Ferry Sebut Lahan TNI-AU Tak Diganggu oleh Kereta Cepat\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Polemik dari pembangunan proyek ambisius Presiden Joko Widodo (Jokowi) kereta cepat Jakarta-Bandung terus bergulir. Setelah masalah perizinan yang belum rampung, kini masalah pembebasan tanah hingga penolakan dari TNI Angkatan Udara (AU) perihal pengunaan lahannya.
Pasalnya, stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung yang di Halim masuk ke dalam Komplek Trikora Lanud Halim Perdanakusuma.
Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengakui adanya permasalahan ini. Akan tetapi, pihaknya sudah membicarakan hal tersebut.
"Kalau yang AU kan sebelah sininya, yang di sananya kan udah relatif ini. Kalau dari segi itu kita lihat saja. Kita sudah pernah bicara juga. Inikan menyangkut apakah dalam aspek tata ruang pertahanan itu mengganggu, itukan tidak juga. ini kan bicaranya clear saja. Kita jangan bicara pro dulu atau kontra," ucap Ferry di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (3/2/2016).
Ferry menambahkan, dengan cara pendekatan yang berbeda dalam membebaskan tanah, maka permasalahan tersebut sudah dapat diselesaikan. Secara tata ruang, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kini sudah tidak ada masalah.
"Makanya saya bilang dari segi kementerian saya, kita sudah sejak Oktober bahas ini. Jadi saya ngelihat ini loh kok muncul ini. Tapi makanya saya bilang, apa yang harus diinikan, perpanjang Hak Guna Usaha (HGU) nya atau perubahan tata ruangnya," sebutnya.
Namun, Ferry meminta setiap kepala daerah memuluskan tata ruang proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Hal ini dikarenakan, semua pemerintah daerah (pemda) membutuhkan transportasi yang dapat interkoneksi dengan daerah lain.
"Tata ruang itu produknya dari peraturan daerah, terus teman-teman pemda juga sudah mengusulkan perubahannya. Ya banyak," tukasnya.
sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/03/320/1303868/menteri-ferry-sebut-lahan-tni-au-tak-diganggu-oleh-kereta-cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar