Rabu, 09 Maret 2016

KAI: LRT Jabodetabek Lebih Mudah Dengan Sepur Sempit

KAI: LRT Jabodetabek Lebih Mudah Dengan Sepur Sempit

Yudi Supriyanto Senin, 07/03/2016 1
KAI: LRT Jabodetabek Lebih Mudah dengan Sepur Sempit
Ilustrasi light rapid transit (LRT)
Bisnis.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) menilai kereta ringan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Light rail transit/LRT Jabodebek) akan lebih mudah menggunakan sepur sempit 1067 milimeter (mm).

VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin menuturkan, saat ini seluruh jalur kereta api (KA) yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera menggunakan sepur sempit.
Oleh karena itu, akan lebih mudah dalam melakukan perawatan jika LRT Jabodebek menggunakan sepur sempit juga.

“Ini kan disesuaikan dengan kebutuhan mestinya,” kata Agus, Jakarta, Senin (7/3).

Dia menambahkan, dengan menggunakan sepur sempit, LRT Jabodebek akan lebih mudah apabila harus masuk depo atau terpaksa ditarik dengan lokomotif yang ada saat ini. Selain mengenai perawatan, penggunaan sepur sempit juga akan memudahkan dalam melakukan integrasi.

Adapun terkait dengan kemungkinan produsen menentukan harga karena nantinya pesanan sepur sempit akan khusus lantaran internasional sekarang menggunakan sepur standar 1435 mm, Agus mengungkapkan tidak ada yang seperti itu.

Dia menuturkan, produsen mengikuti bagaimana keinginan konsumen. Menurutnya, tidak bisa konsumen mengikuti produsen.

Agus mencontohkan, saat ini lokomotif yang dimiliki oleh PT KAI berspesifikasi sepur sempit. Lokomotif tersebut dipesan dari negara-negara yang menggunakan sepur standar internasional, salah satunya adalah GE Transportation, Amerika Serikat.

Terkait harga, dia meyakini, sepur standar yang lebih lebar akan lebih mahal karena berat relnya yang berbeda. Dia mengatakan, dengan menggunakan sepur 1435, maka tiap satu potong rel sepanjang 1 meter beratnya mencapai 60 kilogram (Kg) atau R.60.

Sementara dengan menggunakan sepur sempit, tiap satu potong rel sepanjang 1 meter beratnya hanya 54 kg.
sumber : http://industri.bisnis.com/read/20160307/98/525968/kai-lrt-jabodetabek-lebih-mudah-dengan-sepur-sempit-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar